UA-59884003-1

Friday 20 February 2015

Kenapa Harus Trading ???


 Dari sekian banyak jenis investasi yang beredar di Indonesia, produk berjangka dan komoditi mulai menarik perhatian masyarakat umum. Produk investasi ini semakin diterima publik karena memiliki beberapa keunggulan, yang tidak dipunyai oleh produk investasi lainnya yaitu:

1. Fleksibilitas waktu
Tidak seperti pasar saham yang hanya buka dari pukul 09.00 sampai 16.00, pasar berjangka aktif selama 24 jam setiap hari kerja. Fleksibilitas inilah yang memudahkan anda untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Jika anda seorang pekerja kantoran atau memiliki rutinitas harian dari pagi hingga sore, transaksi tetap bisa dilakukan sepulang kerja atau bahkan kala larut malam.

2. Kemudahan penarikan dana
Dana investasi berikut keuntungannya dapat ditarik kapan saja, tanpa dikenakan biaya administrasi ataupun denda.

3. Perputaran uang yang besar dan aktif (likuid)
Di pasar saham, transaksi baru terselesaikan apabila harga bid bertemu dengan harga offer. Mekanisme ini membutuhkan waktu dan seringkali membuat gemas. Berbeda halnya dengan pasar berjangka. Berapapun harga jual atau beli yang anda tempatkan, eksekusi langusng terjadi tanpa harus menunggu bid atau offer dari pihak lain. Anda jadi lebih leluasa menentukan target keuntungan dan membatasi jumlah kerugian.

4. Short-selling
Nah’, inilah salah satu keunggulan produk berjangka yang tidak dimiliki oleh aset investasi lain. Biasanya investor diharuskan membeli produk terlebih dahulu sebelum mengambil keuntungan dari penjualannya. Namun tidak demikian di pasar berjangka. Anda bisa menjual barang anda tanpa harus memilikinya lebih dahulu. Keuntungan short-sell didapat jika anda mengambil posisi jual, dan kemudian harga turun ke level yang lebih rendah. Di bursa saham, short-sell ditiadakan sehingga anda hanya bisa mengambil keuntungan dari kenaikan harga saham.

5. Leverage
Leverage adalah fasilitas yang memudahkan anda untuk melakukan jual beli dalam jumlah yang lebih besar dari total modal anda. Anda bisa melakukan jual beli produk dengan nilai transaksi hingga 100 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan jumlah modal anda. Pastikan anda memiliki pemahaman yang cukup sebelum menggunakan leverage.   

0 komentar:

Post a Comment