UA-59884003-1

Friday 20 February 2015

Manfaat Trading Bagi Anda



Uang tidak selalu yang utama dalam kehidupan. Meskipun uang adalah tujuan utama dari investasi untuk mempertebal kocek, jangan sampai itu mengganggu kualitas hidup atau membuat anda stress. Banyak orang menganggap trading adalah suatu aktivitas yang menegangkan dan tidak mengasyikkan. Pendapat itu Keliru jika kita melakukannya dengan benar, aktivitas trading  sebenarnya dapat meningkatkan kualitas hidup anda. Tidak terhitung berapa banyak keuntungan immateriil yang bisa didapat dari aktivitas trading, tetapi 5 hal ini sudah pasti anda dapat:

1. Pengalaman baru
sebelumnya anda mungkin seorang pedagang atau pekerja kantoran, yang hanya paham soal berkas-berkas dan pembukuan. Tetapi sekarang tidak lagi! Anda sedang memasuki pengalaman baru di dunia investasi dengan trading. Aktivitas baru ini akan membuat hidup anda lebih berwarna karena memicu adrenalin dan melibatkan emosi. TIDAK ADA WAKTU YANG TERBUANG dalam hidup anda, karena trading bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

2. Membiasakan diri untuk sabar dan disiplin
Bagi individu yang temperamental atau ceroboh, aktivitas trading bisa menjadi terapi efektif bagi anda. Bagaimana tidak? Dengan menempatkan uang dalam suatu investasi, anda akan dilatih untuk bersikap sabar dan disiplin. Karena jika tidak, keuntungan sulit didapat dan modal anda bisa terbuang sia-sia. Apabila anda membawa sikap buruk dalam keseharian saat melakukan trading, percayalah bahwa anda hanya akan memikul kerugian. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam pengambilan posisi dan disiplin diperlukan supaya anda tidak bertindak asal-asalan. Jika dijalani dengan sungguh-sungguh, perubahan mentalitas dalam trading bisa berpengaruh positif terhadap sikap anda dalam kehidupan sehari-hari.  

3. Membuat anda lebih ‘pintar’
Kalau dulu anda terlalu sibuk bekerja atau malas membaca berita, hal itu tidak akan terjadi lagi. Trading akan memaksa anda untuk menjadi pribadi yang serba ingin tahu. Anda membutuhkan berita sebagai acuan trading. Suka atau tidak, anda dituntut supaya lebih akrab dengan buku, internet, televisi dan media sumber berita lainnya. Secara otomatis anda ikut menyerap berbagai informasi yang beredar, bahkan yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan pergerakan harga produk investasi anda.  

4. Memperluas jaringan bisnis dan pertemanan
Tujuan utama dari trading adalah untuk menghasilkan keuntungan. Tidak jarang untuk mencapainya anda harus berbagi kiat dan ilmu dengan orang lain. Caranya sangat bervariasi, bisa dengan mengikuti training, seminar, forum komunitas atau berbagi strategi di media sosial. Jangan sungkan untuk mencari referensi baru dari banyak sumber, termasuk rekan sesama trader. Daftarkan diri anda untuk mengikuti program-program edukasi trading dan situs-situs online tempat berkumpul para investor. Seiring dengan bertambahnya jaringan pertemanan, bukan tidak mungkin anda mendapatkan kawan untuk sekedar kopi darat atau bahkan rekan kerjasama di bisnis lainnya.

5. Berpikir taktis
Trading hanyalah untuk orang-orang yang tanggap dalam mengambil keputusan. Karena jika terlambat sepersekian detik, peluang keuntungan bisa melayang begitu saja. Ya, trading dapat melatih kemampuan anda dalam merespon perubahan secara cepat. Jangan takut untuk bereaksi cepat jika anda sudah yakin dengan posisi yang akan diambil.

6. Meningkatkan daya ingat
Segala aspek dalam dunia trading berkaitan erat dengan angka, mulai dari harga produk, kurs mata uang, laporan ekonomi hingga penempatan posisi. Jika sudah terbiasa melihat angka-angka tersebut setiap hari, daya ingat anda terlatih menjadi lebih tajam. Hal ini ikut berpengaruh positif terhadap kehidupan sehari-hari, karena anda tidak akan pernah lagi melupakan hari ulang tahun orang-orang tersayang atau nomor PIN ATM bank .  

0 komentar:

Post a Comment